Bendungan Batu Bulan


Bendungan Batu Bulan yang bertempat di desa Maman Kecamatan Moyo Hulu, memiliki panorama alam dan struktur bebatuan yang tersusun rapi menambah indahnya pemandangan Bendungan Batu Bulan. Bendungan ini dibangun pada tahun 1998 dan diresmikan oleh presiden “Megawati Suekarno Putri” pada tahun 2002 luas bendungan kurang lebih sekitar 2.75 km dengan kedalaman 30 meter lokasi Bendungan tidak terlalu jauh dari kota Sumbawa dan memakan waktu dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 30 menit perjalanan. Namun, sayangnya udara disini cukup panas karena kurangnya pepohonan di sekitar bendungan. Namun para pengunjung tidak mempedulikan masalah ini, terutama bagi para mancing mania. 


Para pemancing sangat gemar menunjungi lokasi ini, bisa di bilang ini adalah surganya para pemancing ikan air tawar, ikannyapun beraneka ragam seperti ikan Mujaer, Nila,  Kalper, Gabus, Belut (Tuna) bahkan kerang hijaupun ada disini. 
Ikan

Kerang Hijau

Ada lagi yang unik dari bendungan ini, yaitu “Bagang” inilah yang biasa disebut oleh masyarakat di Desa Maman, Bagang merupankan media untuk menangkap ikan tapi nangkap ikannya tanpa menggunakan umpan, dan ikannya pun tidak di pelihara tapi di tangkap secara alami, hanya dengan menggunakan jarring dengan diameter 2” dengan lebar rata-rata 10x10 meter dan yang diikat pada senar menggunakan nomor 10.000 hingga kedalaman 10 meter tergantung dari kedalaman lokasi tempat bagang diletakkan. Masyarakat desa Maman menjadikan bendungan ini sebagai mata pencaharian selain bertani. 

Bagang

Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah bendungan Batu Bulan juga terkenal dengan Batu Cincinnya yaitu bau cincin jenis Madu. Para penggemar batu cincin dari berbagai daerah datang untuk berburu batu cincin termasuk saya sendiri sering berburu batu cincin dan saya memiliki beberapa koleksi batu yang sudah dibentuk maupun masih dalam bentuk bongkahan.

Panorama Alam Bendungan Batu Bulan





















Video is Coming Soon

Share on Google Plus

About id.pariwisata

Memperkenalkan Sumbawa Pada Dunia dengan keindahan alam melalui "SamawaPariwisata.blogspot.com" and
Visit Sumbawa (Mampis Rungan Nyaman Nyawe)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com