Taman Tamase


Taman Tamase yang terletak di desa Jurumapin Kec. Buer Kab. Sumbawa adalah sebuah taman dengan keindahan dan kesejukan alam yang akan membuat Anda merasa nyaman. Adanya sebuah monument Duren dengan sajak

“ Tamase Tana Pangarap
Senap Olat Kati Mega
Katokal tu Tanam Jangi”

yang menceritakan tentang keseukan dan keindahan alam Tamase. Dengan adanya monument Duren menandakan bahwa desa jurumapin merupan desa penghasil Duren ternikmat di Sumbawa, di kota Sumbawa pada saat musim duren banyak orang yang menanti-nanti kedatangan duren ini, harganya yang cukup terjangkau dan rasanya yang sudah tidak diragukan lagi yang bakalan membuat anda ketagiahan. Yang membedakan duren Jurumapin dengan duren yang berasal dari daerah lain ialah letak perkebunan durennya. Rata-rata perkebun duren yang berada di Jurumapin ditanam di pegunungan biru yang terletak sangat jauh dari pedesaan dan jalan untuk menuju ke perkebunan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih 2-3 jam perjalanan. Pada saat panen duren, para petani menunggu duren yang sudah matang jatuh ke tanah kemudian dikumpulkan dan langsung dijual oleh petaninya sendiri ke kota Sumbawa. Duren disini tidak bisa dipetik menggunakan tangan atau jalah karena pohon duren yang menjulang tinggi dengan ketinggian lebih dari 20 meter.
              Selain itu, taman Tamase juga terkenal dengan tangga seribunya, dengan jumlah anak tangga yang begitu banyak dan membutuhkan perjuangan untuk menuju ke ujung anak tangga. 

Tangga Seribu

para pengunjung yang menaiki tangga

Pengunjung yang menuruni tangga

Di puncak anak tangga rasa lelah perjuangan terobati dengan keindahan alam yang begitu indah, kita juga bisa melihat perkampungan warga dari puncak anak tangga.

Halaman Taman Tamase

Desa Jurumapin


Taman Tamase juga sering dijadikan tepat untuk merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Banyak kegiatan lomba yang diadakan dengan hadiah yang begitu menarik. Bagi anda yang ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba Anda bisa berkunjung dan mendaftarkan diri sebagai peserta. Biasanya peserta yang ikut dalam lomba ada yang dari luar Sumbawa juga lho.. seperti Mataram, Bima, KSB, dll.

Nah.. sekarang Anda pasti penasaran dengan taman ini, yuk kita berkunjung ke taman Tamase..!
Share on Google Plus

About id.pariwisata

Memperkenalkan Sumbawa Pada Dunia dengan keindahan alam melalui "SamawaPariwisata.blogspot.com" and
Visit Sumbawa (Mampis Rungan Nyaman Nyawe)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com