Pecel Aru


Aru itu sebenarnya nama daun sejenis sayuran hijau yang memiliki struktur daun seperti daun kelor, tapi daun Aru memiliki duri-duri yang tajam disetiap batang ataupun tangkainya, jadi kalau mau mamisahkan daun aru dari tangkainya Anda harus hati-hati. Aru tidak dibudi dayakan dia hidup di hutan liar dan sangat mudah di dapatkan karena setiap wilayah di Sumbawa pasti di tumbuhi oleh Sayur aru. Daun aru memiliki rasa yang khas dan setiap pengolahan daun ini Anda tidak perlu memasaknya karna daun ini bisa langsung di santap tapi jangan lupa di bumbui atau di olah. Sayur aru tidak hanya diolah menjadi pecel. Di Sumbawa sayur aru biasanya diolah menjadi lalap Aru, Pelu Aru (urap), pecel dan menjadi pelengkap pada sepat Sumbawa (sepat disini bukanlah ikan sepat, tapi sepat merupakan nama makanan khas Sumbawa yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini). Tapi sayur aru adanya musiman, kalau di musim kemarau daun aru muda sangat sulit tuk didapatkan dan saya taunya hanya ada di Sumbawa.
Bagi anda yang penasaran dengan pecel aru dan pingin tau gimana cara buatnya?
Yuk kita belajar membuat pecel aru…
Bahan-bahannya: daun aru mentah, kecambah (direndam air panas sebentar), kelapa parut (dibakar dulu), bawang merah bakar, kemiri bakar, cabe rawit.
Cara pembuatan:
bawang merah, kemiri, cabe diulek kasar kemudian dicampur dengan kelapa. Terus campur kelapa yang sudah dibumbuin tadi dengan daun aru dan kecambah, jadi deh. Biasanya -lagi- kalau dirumah, pecel aru ditambahkan dengan ikan bakar suwir dan tanpa cabe.

Share on Google Plus

About id.pariwisata

Memperkenalkan Sumbawa Pada Dunia dengan keindahan alam melalui "SamawaPariwisata.blogspot.com" and
Visit Sumbawa (Mampis Rungan Nyaman Nyawe)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Bahasa Indonesia daun aru apa min?
    Kalo nyari daun aru di luar sumbawa gimana?

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com